Alat Untuk Menunjang Kegiatan Blogging

Blogging adalah kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang yang mempublikasikan tulisan-tulisan yang dianggap bermanfaat melalui perantara ketiga seperti blogspot.com dan dilakukan dengan sukarela pada awalnya namun akan berakhir biasanya dengan pendapatan yang diberikan oleh adsense.

Nah,  dalam ngoblog itu ada banyak sekali yang diperlukan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan para master blogging rela mengeluarkan uang dari kocek mereka untuk membuat website atau tempat penampungan tulisan mereka, seperti membeli hosting dan domain.

Alat Untuk Menunjang Kegiatan Blogging

8 Alat untuk Tunjang Aktifitas Blogging

Bagi anda yang "baru"  memulai kegiatan ngoblog ada baiknya kalian siapkan beberapa hal berikut ini:

1. Akun Gmail

Seiring dengan berkembang pesatnya perusahaan Google.com sebagai perusahaan berbasis cloud terbesar tentu menjadikan kekuatan Gmail semakin terbendung lagi.

Bisa kalian lihat sendiri pada beberapa website yang membutuhkan "sign",  hampir semuanya sudah support dengan Gmail.

Dan Gmail ini sangat berguna sekali untuk akses semua platform Blog dalam satu akun dan tentu saja bisa disingkronkan dengan Smartphone kalian untuk kontrol Blog dimanapun dan kapanpun.

Jadi, bagi kalian yang ingin ngeblog maka alat ini adalah akarnya.

2. Google Search Console

Apapun platform yang anda pakai,  baik itu blogspot maupun WordPress, apabila kalian ingin mendapatkan traffic dan dikenal oleh mesin search engine Google maka anda pastinya wajib kenal dengan alat Google yang kedua ini.

Disini ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menunjang Blog sobat, seperti: perbaiki link error, cek struktur kode Blog, upload sitemaps, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semakin dalam anda dalam kegiatan blogging maka akan semakin dekat pulalah anda dengan search console.

3. Aplikasi Notepad & Sejenisnya

Sekarang barulah perangkat laptop ataupun notebook kalian yang akan berbicara. Ya,  Notepad.

Notepad dalam kegiatan blogging berguna ketika anda melakukan  rewriting artikel orang lain. Mengapa harus lewat Notepad? Karena jika kalian langsung coba saja maka akan ada Script yang terbawa dari tempat anda mengambil artikel copyan tersebut.

Singkatnya Notepad ini berfungsi sebagai filter untuk menetralkan sebuah artikel dan Script dari Script bawaan tempat asalnya.

Selain untuk artikel alat ini juga berguna saat anda bermain dengan Script dan yang jelas Notepad ini akan banyak sekali kegunaan nya bagi kalian saat blogging.

4. Pixabay

Yang namanya artikel Blog tentu kadang anda membutuhkan gambar agar postingan anda lebih lengkap dan enak dilihat, maka sudah barang tentu website pixabay ini sangat anda butuhkan.

Sebab semua gambar yang ada di pixabay  bisa anda download secara gratis tanpa takut ada gambar yang memiliki hak cipta.

Pada Web ini ada banyak sekali gambar yang sangat unik dan menarik, yang paling saya cari disini adalah gambar vektor yang sangat keren.

5. Aplikasi Blogger for Android

Aplikasi ini kalian butuhkan jika Blog yang kalian punya adalah Blog berbasis portal yang membutuhkan artikel yang banyak dan update setiap hari. Dengan aplikasi ini kalian bisa dengan mudah membuat sebuah postingan dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis di playstore. Namun,  perlu anda ketahui bahwa aplikasi ini masih butuh feedbeek yang artinya masih belum sempurna dan masih banyak kekurangan di sana sini,  seperti: tidak bisa tambah gambar dengan cara seperti pada blogspot versi desktop,  dan hanya tersedia dalam format compose sedangkan untuk format html belum di support.

6. Paket data Or Wifi

Untuk kalian yang menulis pada Blog sendiri, sudah pasti kalian harus punya yang satu ini karena ini adalah jembatan yang menghubungkan kalian dengan dunia luar.

Saya sarankan bila anda membuat artikel melalui desktop ada baiknya anda pakai wireless saja karena biasanya desktop membutuhkan banyak data dalam pemakaiannya.

7. FanPage

FanPage untuk Blog berguna sebagai tempat kalian melakukan share dengan sesuka hati untuk mendapatkan traffic dan Back link. FanPage ini ada banyak jenisnya tergantung pada sosial media Mana yang paling sering kalian gunakan.

Saya sarankan buat FanPage di facebook saja.

Karena di facebook ada banyak sekali langkah lanjutan yang bisa anda dapatkan dari mereka. Sebab ada namanya alat bisnis di facebook dan Instagram.

8. Opera Mini

Sebuah Blog membutuhkan artikel,  untuk membuat sebuah artikel dibutuhkan informasi, untuk mendapatkan informasi ada banyak caranya, seperti: melakukan percobaan/eksperimen sendiri, mencari informasi sendiri, ataupun mencari lewat feed browser.

Salah satu browser yang memiliki halaman home berisi feed dari website-website terkenal adalah opera mini.

Sebenarnya masih banyak aplikasi browser yang memiliki fungsi serupa, tapi kenapa saya memilih opera mini? Adalah karena selain aplikasinya ringan, opera mini tidak membutuhkan banyak resource sehingga tidak memberatkan Smartphone sobat sekalian.

Oke, cukup segini saja postingan singkat kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan

Anime Terbaik Untuk Pemula

Ayo Mulai Investasi Dari Sekarang