Investasi Pada Reksa Dana Untuk Pemula

Sebenarnya ada dua jenis investasi, yakni riil dan non riil (investasi keuangan). Untuk investasi keuangan sendiri ada berbagai macam, mulai dari deposito, reksa dana, obligasi, dan saham. Jika Anda tertarik pada investasi di sektor keuangan, anda bisa memilih instrumen yang sesuai dengan kebutuhan. Artinya pahami risikonya.

Untuk Anda yang sama sekali belum pernah berinvestasi di instrumen tersebut, jangan takut dan mengurungkan niat hanya jika tidak tahu caranya. Untuk pemula anda bisa mencoba investasi pada reksa dana, karena dianggap sebagai investasi yang paling mudah dijangkau dan dilakukan oleh para investor pemula.

Investasi Pada Reksa Dana Untuk Pemula
Lalu apa saja yang harus anda lakukan saat ingin berinvestasi di reksa dana bagi Anda yang pemula tanpa rasa khawatir dengan modal yang juga terjangkau? Dan diabawah ini adalah tips berinvestasi di reksa dana yang aman:

1. Kenali Apa Itu Reksa Dana

Banyak orang yang tidak mengetahui adanya reksa dana sebagai investasi mudah yang bisa dijalankan oleh semua orang.

Reksa dana adalah wadah yang bisa digunakan untuk berinvestasi di instrumen-instrumen pasar keuangan. Aturan reksadana ini tertera di Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi di reksadana, karena sudah terdata di pemerintah dan bersifat resmi.

2. Kenali Cara Kerja Reksa Dana

Kelebihan dari reksa dana adalah adanya verifikasi investasi, di mana investasi akan dipecah ke beberapa instrumen. Sehingga investasi ini bukan hanya ditanamkan pada satu perusahaan saja, namun di beberapa perusahaan.

Dengan cara kerja reksa dana tersebut, maka ketika nilai suatu saham di perusahaan A turun, maka tidak serta merta dana yang diinvestasikan di instrumen ini juga turun. Melainkan investasi Anda akan tetap aman karena masih memiliki investasi yang di tempatkan di instrumen atau perusahaan lainnya oleh manajer investasi.

Anda jug harus mencari informasi mengenai reksa dana tersebut, Mulai dari apa saja yang dibutuhkan, bagaimana alur atau perjalanannya sehingga bisa bagus dan berkembang, dan bagaimana kelebihan dan keuntungannya serta informasi mengenai jangka waktu reksa dana. Setelah memahami informasi dasar diatas akan membuat anda lebih yakin untuk investasi di reksa dana.

3. Apa Goal Anda ?

Setelah anda mengetahui berbagai macam jenis reksa dana, maka mulailah tentukan tujuan Anda sendiri. Anda harus memahami tujuan berinvestasi dan kenapa memilih reksadana.

baca : Ayo Investasi

Lalu seberapa banyak uang yang anda punya untuk ditanamkan di reksa dana? Untuk jangka pendek atau jangka panjang?

Setelah menentukan itu semua, maka jalan Anda akan lebih terarahkan dengan baik sesuai kebutuhan dan apa yang direncanakan tentu sesuai dengan tujuan. Karena reksa dana ini bersifat luas, maka Anda harus mempersempit ruang gerak Anda agar lebih terfokus dan jelas.

4. Jenis Reksa Dana

Ada empat jenis reksa dana yang bisa menjadi pilihan Anda untuk melakukan investasi ini. Dan diantaranya adalah sebagai berikut :
JenisPemahaman
Reksa Dana Pasar UangSeluruh uang ditempatkan di deposito, di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan juga di obligasi. Jatuh tempo reksa dana pasar uang ini kurang dari satu tahun. lebih aman. Namun, karena resiko kecil maka keuntungannya juga lebih kecil.
Reksa Dana Pendapatan TetapDana dialokasikan ke obligasi minimal 80%. Keuntungan yang diperoleh pun lebih tinggi dan bisa mencapai lebih dari 10% per tahunnya.
Reksa Dana CampuranSesuai namanya maka reksadana ini menggunakan berbagai peraturan dari jenis-jenis sebelumnya. Sangat berisiko namun jika berhasil maka reksadana akan menghasilkan keuntungan yang tinggi dan juga mengaggumkan.
Reksa Dana ProteksiMenempatkan sebagian dana dalam instrumen obligasi yang bisa memberikan perlindungan sesuai namanya. Artinya reksa dana ini memiliki risiko yang lebih rendah dibanding reksa dana saham dan campuran.
Reksa Dana IndexReksa Dana jenis ini mirip dengan saham karena instrumen ini bisa diperjual-belikan di bursa yang disebut ITF (Exchange Traded Fund) dan harganya bisa berfluktuatif seperti saham.

Oke, dengan demikian anda sudah tahu mengani apa itu reksa dana, sekarang anda tinggal menysihakn uang anda perbulan untuk investasi dari yang kecil saja, bisa di mulai dari 100.000 saja terlebih dahulu.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan

Anime Terbaik Untuk Pemula

Download Template Mirip Blog Mas Sugeng