10 Cara Membuat Konten Yang Berkualitas Zaman Sekarang

10 Cara Membuat Konten Yang Berkualitas Zaman Sekarang
Edited with: Paint
Banyak dari para pakar blogger bahwa untuk dapat diterima adsense anda harus membuat setiap konten menjadi berkualitas. Dan, Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara membuat konten yang berkualitas dan memenuhi kebijakan adsense tersebut?.

Pertanyaan itu akan kita jawab melalui artikel berikut ini:

Dari sini anda akan melihat bagaimana sebuah proses dan menghargai sebuah proses tersebut. dengan menyadarinya anda akan bisa lebih leluasa dalam menuangkan ide-ide cemerlang anda ke dalam sebuah tulisan yang kaya informasi dan berkelas.

Cara Membuat Sebuah Konten Yang Punya Kualitas

1. Apa Yang Dibahas?

Sebelum anda membuat sebuah artikel anda harus mengetahui betul dan pasti mengenai apa yang akan anda bahas. Dengan mengetahui hal ini anda akan bisa membayangkan bagaiman image dari artikel yang akan anda tulis dan cara penyampaian seperti apa yang akan anda gunakan.


2. Pembaca adalah Raja

Buatlah artikel yang langung ke intinya alias to the point. Jangan terlalu banyak bertele-tele diawal seperti yang banyak dilakukan oleh blogger kebanyakan. Isinya sedikit dan malah kebanyakan pada bagian pembukaan.

Kata Pengantar itu memang penting tapi harus tetap dalam koridor header yang anda buat. Contoh, jika anda ingin membuat artkel mengenai "cara membuat api unggun". 

Dengan judul seperti itu anda bisa membuat pengantar paling tidak satu paragraf di awal dan usahakan masukkan juga defenisi dari "api unggun" tersebut. Lalu setelah itu tulisla langkah-langkahnya dengan jelas dan lengkap, usahakan tidak menggunakan gambar tapi buatlah semunya jadi tulisan. 

Disini keahlian anda sebagai seorang penulis akan sangat diuji.

Contoh Artikel Yang To The Point.

3. Menarik untuk dibaca

Konten yang anda buat haruslah menarik yang membuat para pembaca betah berlama-lama di artikel anda. 

Perhatikan setiap kata yang anda gunakan saat menulis, jangan sampai anda membuat artikel yang panjang namun isinya hanyalah ratusan kata yang diulang-ulang.

Seperti yang saya katakan di awal "to the point" saja. 

Dengan memuat artikel yang seperti itu akan membuat pembaca menjadi senang dengan blog dan karya tulisan anda yang bermanfaat. 

Karena setiap mereka mengunjungi blog anda mereka selalu mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang mereka cari setiap kali berkunjung ke laman blog anda.

Artikel yang menarik untuk dibaca itu harus:
  • Memiliki gambar yang menarik dan jelas
  • Menyelipkan sedikit candaan di beberapa bagian artikel
  • Banyak menggunakan kata-kata yang intelektual
  • Tidak mengulangi hal yang sudah dibahas
  • Punya point-point yang membagi tahap inti artikel

4. Penempatan Link

Link internal adalah salah satu dari sekian banyak tehknik SEO jadi usahakan membuat link internal berada satu bagian dengan sebuah paragraf untuk meningkatkan keyakinan pembaca akan artikel yang anda suguhkan. 

Link internal yang anda buat juga harus berhubungan langsung dengan artikel yang dibaca. Buatlah dengan singkat, jangan membuat link yang terlalu panjang.

Sedangkan untuk link eksternal anda bisa merujuk kepada Wikipedia. Itulah yang sering saya lakukan. 

Caranya saya akan mencari kata yang rasanya sulit untuk dimengerti namun tidak bisa dijelaskan secara langsung di artikelnya dikarenakan tidak sesuai dengan tema bahasan. 

Setelah ditemukan maka cari definisinya di wiki tersebut. Hal ini tentu akan membuat artikel yang anda buat akan lebih comfortable.

5. Gunakan Struktur yang simpel

Anda harus memperhatikan juga bagaimana tata letak artikel anda. Dimana letak gambar dan dimana letak artikel. Simpell itu bukan berarti seadanya tapi buatlah dengan secerdas mungkin. 

Untuk artikel "how to" sebaiknya anda tidak menggunakan gambar diawal karena akan membuat artikel anda kebanyakan gambar sehingga tidak disukai oleh google.

Contoh Struktur artikel berkualitas:
  • Gambar
  • Pengantar
  • Inti
  • Kesimpulan
  • Penutup
  • Salam

6. Buat Sebuah Ciri khas

Ini adalah salah satu yang paling sulit menurut saya karena ciri khas ini terkait dengan identitas sebuah blog yang akan menjadi pengingat jika suatu saat pembaca ingin mencari informasi yang terkait dengan website anda. 

Dan menurut saya defenisi ciri khas tersebut haruslah ada disetiap artikel yang anda buat dan bersifat mengikat serta lain dari pada yang lain.

Contoh Sebuah Ciri Khas bisa dari:
  • Gambar Yang Unik dan hanya anda yang punya
  • Gaya bahasa tulisan 
  • Template yang Keren
  • Memberikan kejutan disetiap artikel baru
  • dan masih banyak lagi

7. Melakukan Pratinjau

Ini adalah hal yang sering sekali dilewatkan oleh banyak penulis. Pratinjau itu berguna untuk mengurangi kesalahan dan menambah kekurangan. 

Jadi artikel anda akan lebih padat dan berisi. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah pekerjaan yang membosanakan, tapi lebih baik bersusah-susah di awal dari pada menyesal kemudian karena artikel yang anda buat tidak masuk 10 besar pencarian google.

8. Buat dengan tenang

Membuat sebuah artikel yang berkualitas tidak bisa dibuat dalam sekali kedip, membutuhkan banyak waktu untuk menghasilkan yang terbaik. 

Ingat ini, buatlah sebuah artikel yang tidak akan bisa disaingi oleh orang lain dengan cara membuat artikel yang lengkap dan panjang yang dengan melihatnya saja para saingan anda akan merasa "Wah, artikel ini tidak mungkin untuk disaingi".

baca : Cara Mengatasi Kebuntuan saat membuat artikel blog

Untuk membuat seseorang berkata seperti itu bukanlah hal yang mudah dibutuhkan waktu dan dedikasi.

9. Masukkan pendapat Pribadi

Pendapat pribady akan mengundang seseorang untuk bereaksi, apalagi dinegara paling cerewet di dunia seperti negara kita tercinta ini yang apa saja dikomentarin. 

Jadi dengan memasukkan hasil pemikiran anda sendiri akan menjadi bahan perimbangan untuk pmebca dan akhirnya akan memutusakan untuk setuju atau tidak.

Membuat sesuatu seperti ini juga termasuk ke dalam cara membuat pengunjung sesat menjadi pengunjung tetap. 

Tapi harus anda ketahui dengan baik apa yang anda utarakan, jangan sampai hal yang anda sampaikan melanggar hukum yang ada.

10. Optimalkan SEO

Untuk hal terakhir agar artikel anda menjadi berkulaitas adalah dengan mengoptimalkan SEO artikel yang anda ketahui. 

Mengapa? karena percuma juga artikel sudah panjang dan membuatnya membutuhkan waktu yang sangat lama serta menguras kesabaran bersamaan dengan kuota paket data anda tapi tidak ada yang baca.

Tapi SEO yang anda mainkan bukanlah SEO yang biasa namun hanya tinggal memoles beberapa part pendukung dari off-page di blog anda.

Kesimpulan: Membuat sebuah artikel yang berkualitas itu singkatnya adalah:
  • Tentukan apa yang dibahas
  • Cari Ilmunya
  • Buat Strukturnya
  • Tulis Artikelnya
  • Lakukan Pratinjau
  • Perbaiki Kesalahan dan kekurangan
  • Lakukan Hal yang sama untuk semua artikel anda, agar anda menjadi lebih terlatih serta lebih terbiasa untuk menulisnya.
Oke, Sekian saja artikel ini saya buat dengan sepenuh hati dan memiliki dedakasi yang saya tuangakan dalam sepuluh point yang menurut saya mencakup seluruh aspek yang diperlukan dalam membuat sebuah artikel yang berkualitas.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan

Anime Terbaik Untuk Pemula

Download Template Mirip Blog Mas Sugeng