Cara Mengatasi Kebuntuan Saat Menulis Artikel Dan Postingan Blog

Cara Mengatasi Kebuntuan Saat Menulis Artikel Blog - Baiklah kali ini BungKamis akan membahas mengenai Cara Mengatasi Kebuntuan Saat Menulis Artikel Blog.

“Kebuntuan”. Kebuntuan adalah salah satu kata yang paling sering dikatakan oleh seorang penulis baik itu penulis di blog, penulis novel, penulis manga, penulis film dan penuli-penulis lainnya. mengapa? Karena yang namanya menulis itu tentu membutuhkan sebuah ide untuk dituangkan wadahnya.
Dan kali ini admin akan focus membahas mengenai  kebuntuan ide yang dialami oleh para blogger. Pada awalnya seorang blogger pemula pasti memiliki segudang ide tapi itu tidak akan bertahan lama. Karena semakin lama si blogger menuangkan ide nya maka akan semakin sulit untuk mendapatakn ide-ide baru.

Cara Mengatasi Kebuntuan Ketiak Menulis Artikel

1. Istirahatkan Pikiran

Hal yang paling penting dilakukan untuk mengatasi kebuntuan bukanlah mencari sumber-sumber ide baru. Dan ini banyak dilakukan oleh para blogger pemula. Ketika kebuntuan itu datang mereka malah seperti orang stress yang mencari sumber kemana-mana.

Mengapa hal diatas tidak disarankan? Karena jika proses stress itu terus berlanjut dan tidak menemui jalan keluar maka bisa-bisa kebuntuan tadi akan menjadi keputuasaan dan akhirnya akan berujung pada kevakuman dan berhenti menulis blog.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah ISTIRAHATKAN PIKIRAN kalian terlebih dahulu. Entah itu pergi refreshing ke pantai, ataupun pergi ketempat pacar dan lupakan sejenak rutinitas menulis kalian. Jika pikiran sudah tenang biasanya ide akan mengalir dengan sendirinya.

2. Kenali Lebih dalam Topik blog anda

Apa yang anda bahas dalam blog anda? ini adalah pertanyaan untuk menemukan ide baru, sebab setiap topik ataupun tema itu tidak akan ada habisanya jika memang anda sudah tahu dengan pasti suatu bahasan dan berusaha untuk mencari serta menggali lebih dalam untuk melihat apa yang belum pernah anda bahas.

3. Kunjungi blog yang mempunyai “niche” yang sama

Sebagai bantuan untuk menggali lebih lanjut mengenai sebuah topik tentu anda membutuhkan referensi ataupun panutan untuk anda jadikan bahan dan itu bisa anda dapatkan dengan mengunjungi lebih banyak blog lain yang mempunyai topik pembahsana yang mirip dan hampir sama dengan anda.

baca : Cara Meningkatkan Serp Google

Dengan begitu maka anda akan mendapat wawasan lebih dan belajar membandingka kekurangan dan kelebihan blog anda dengan blog orang lain.

4. Meminta Saran

Menulis blog pribadi bukan berarti semua ide harus berasal dari orang yang membuat blog itu tapi apa salahnya untuk meminta saran kepada orang lain. Karena dengan meminta saran kepada orang lain maka kalian bisa melihat ide dari sudut pandang berbeda.

5. Baca buku

Buku adalah sumber referensi terbaik. Bacalah beberapa buku agar kalian mendapatkan referensi yang lebih kongkrit dan lengkap. Pergi ke perpustakaan dan pinjamlah beberpa buku atau bisa juga dengan membuka buku-buku lama yang ada dirumah kalian.

6. Jangan anggap remeh hal yang sepele

Banyak dari para blogger menganggap remeh sesuatu yang sepele. Hal itu adalah sikap yang salah Karena dari hal-hal yang sepale muncullah ide-ide brilliant. Seperti ilmuan terkenal Isaac newton yang mendapatkan ide ketika melihat sebuah apel jatuh.

7. Jangan dipikirkan tapi Lakukan

Ketika ada sesuatu ide yang muncul maka langsung ditulis saja di media apapun itu. Misalnya anda sedang dalam perjalanan di dalam sebuha bus, tiba-tiba ide itu datang, seketika itu juga anda langsung tulis pada media apapun yang ada disekitar anda dan bisa digunakan.

Ide tersebut tidak boleh dikhayalkan, let's do it aja.

Mengahayal saja tidak akan menghasilkan sesuatu. Buka lembar kerja kalian lalu tulislah sesuatu apapun itu, kadangkala action itu lebih penting Karena akan langsung terlihat hasilnya dari pada menghayal ingin buat artikel ini dan itu tapi tidak pernah ditulis. Sia-sia.

8. Mulai dengan Doá

Doá adalah kekuatan terbesar yang dimiliki seroang manusia. Ingtlah ketika nabi sulaiman meminta untuk memindahkan singgasana ratu Bilqis ke istananya nabi Sulaiman. Siapakah yang memindahkannya, tentu saja seorang manusia, jin saja kalah oleh manusia.

Jadi jangan ragu berdoá.

9. Hindari Penggunaan Backspace

Artinya adalah kalau sudah mulai ya tulis aja tidak perlu memikirkan tata bahasa indonesia ataupun format-fprmat yang kaku lainnya. Biasakan diri anda untuk terus menulis tanpa menghapus, ini berguna agar apa yang ada dalam pikiran anda bisa langung tertuang ke artikel anda secara fresh.

Hanya itu lah tips yang bisa admin berikan berkisar tentang Cara Mengatasi Kebuntuan Saat Menulis Artikel Blog. Sekian dari saya dan termikasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar.

sekian dari saya and peace!!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan

Anime Terbaik Untuk Pemula

Download Template Mirip Blog Mas Sugeng