Cara Menjaga Konsistensi Dalam Membangun Blog

Blog itu berbeda dengan Vlog, Bedanya? Blog itu tulisan alias artikel sedangkan Vlog itu konten dalam bentu video. Jadi, Maksudnya? Artinya adalah membangun sebuah blog tidaklah bisa seperti secepat sebuah channel youtube. 

Cara Menjaga Konsistensi Dalam Membangun Blog

Blog membutuhkan sebuah kesabaran yang sangat tinggi alias tahan di terpa badai dan di terjang ombak. Sedangkan Vlog, yang perlu anda lakukan untuk mempercepat perkembangannya adalah mencari sebuah momentum dan sensasi alias cari cara buat Viral.

Lihat saja artis seperti ayu ting-ting dan cita citata. Mereka berdua adalah artis jebolan viral yang mampu memanfaatkan moment yang ada. Dari tidak apa-apa menjadi langsung melejit ke atas langit.

Maka, oleh sebab itu jika anda masih tetap membangun blog atau menjalani kegiatan blogging yang menghasilkan bukan hanya untuk coab-coba dan main-main maka anda perlu memikirkan sekali lagi apakah anda sudah siap untuk konsisten.

Konsisten disini adalah konsisten dalam segala hal, konsisten dengan niche yang anda ketahui, konsisten untuk melakukan update secara berkala.

Untuk menjaga inilah banyak sekali blogger yang tidak bisa bertahan dan akhirnya malah berpindah haluan, jadi bagi anda yang tetap ingin jadi blogger dan siap untuk tantangan yang ada didepan maka konsistenlah.

Dan bagi anda yang punya tingkat konsistensi rendah bisa mengikuti beberpa tips berikut ini :

1. Santai Dan Tidak Ambisius

Karena ada satau blogger yang saya kenal dulu, saking ambisiusnya dia punya program empat artikel dalam satu hari. Memang pada minggu pertama dan kedua itu sangat bagus namun waktu masuk minggu ketiga dia mulai keteteran, lelah, capek, dan tak punya motivasi melihat effort yang dia keluarkan tidak sebanding dengan hasil yang didapatkannya.

Seperti yang pernah saya katakan di postingan sebelumnya bahwa terlalu ambisius bisa membuat seseorang tersandung oleh kerikil. Jadi, yang bisa anda lakukan andalah tetap santai dan lakukan update minimla satu artikel saja dalam satu hari dan jadikan ia sebagai kegitan rutin. 

Sampai hingga suatu hari tanpa anda sadari traffic blog anda akan naik dengan sendirinya, karena orang tau bahwa anda selalu aktif, dan siap menjawab hampir semua pertanyaan dan komentar dari para visitor-mu.

2. Pantang Menyerah Saat Mencari Ide Artikel

Percuma, jika anda update setiap hari tapi yang di update artikel itu-itu saja. Nah, disinilah peran ide-ide baru diperlukan. Dan untuk mendapatkan ide-ide baru dan segar untuk blog sendiri anda bisa beracuan pada beberpa hal berikut ini.

  • Selalu buka mata dan pikiran untuk menampung ide dari lingkungan sekitar dan kejadian serta permasalahn sehari-hari
  • Mengembara atau berkelan di dunia online untuk mencari ide baru dan ilmu baru
  • Ikuti Blogger lain yang menurut anda bagus dan Konsisten juga, agar anda selalu punya sebuah haluan atau pijakan
Dengan mengikuti garis besar diatas saya yakinkan anda bahwa anda mungkin tidak akan pernah lagi pusing memikirkan artike apa yang akan anda terbitkan hari ini.


3. Yakin Akan Indah Pada Waktunya

Menurut saya ini adalah langkah paling berat, mengapa? karena anda diharuskan untuk yakin dengan masa yang entah kapan datangnya. "Masa" disini berarti waktu dimana anda akan menuai apa yang sudah anda tanam sekian lama dan punya buah yang manis. 

Haa, disinilah banyak orang yang merasa lelah dan letih melihat sudah lama dan sudah banyak artikel blog yang dia buat, sudah banyak paket yang dia habiskan untuk membangunnya namun masih belum nampak hasilnya.


Dan sinilah saya harus katakan pada anda semua yakinlah semua akan indah pada waktunya.

Ngemeng doang mah enak, semua orang juga bisa!! Memang, sayapun belum tentu bisa jika memang sudah terlalu lama, tapi ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempertahankan konsistensi blog dalam masa sulit seperti ini.

Silahkan simak dan pahami beberapa point berikut ini:

  • Jangan jadikan hasil blog sebagai pencaharian utama
  • Jadikan Nge-blog sebagai bagian dari hobi yang menyenagkan
  • Kerjakan artikel diwaktu luang yang senggang dan lapang
  • Ngalir aja jangan dipaksa, kalau memang hujan berteduh singgah dulu sebentar di tepi jalan

Oke, mungkin cukup tiga point dulu untuk hari ini, dilain kesempatan akan saya tambahkan lagi. Sekian dan Peace!!

Comments

Popular posts from this blog

Anime Terbaik Untuk Pemula

Download Template Mirip Blog Mas Sugeng

Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan