Cara Meningkatkan Harga Iklan adsense Dengan Fitur Ad Balance

Selamat malam sobat blogger sekalian, sudah lama tidak posting kali ini saya akan mengangkat pembahasan mengenai "Ad Balance" pada Adsense.

Mungkin sudah banyak tahu mengenai ad balance ini dan juga sudah banyak pastinya para blogger pemula maupun master lain yang  juga mengangkat tema yang sama pula, namun kali ini saya sekali lagi akan mengingatkan anda bahwa penggunaan settingan yang tepat pada ad balance di jamin akan meningkatkan Harga Iklan Anda.

Oke, tanpa basa-basi angsung masuk ke pembahasan pertama:
Tingkatkan Harga Iklan Dengan Fitur Ad Balance
img by: je-yo.com / edited by: Totumuh

Apa Itu Ad Balance?

Ad Balance sejatinya adalah alat eksperiman yang memungkinkan anda untuk meningkatkan harga iklan yang bisa ditampilkan pada blog dengan cara memperkecil porsi tayangan iklan tersebut, hingga akhirnya akan membuat iklan dengan nilai tinggi sajalah yang akan tampil pada blog anda.

Contoh jika anda membuat settingan Showed menjadi 70% dari 100% artinya adsense otomatis akan mencari pendapatan yang sama 100% namun dengan frekuensi dan variasi iklan hanyalah 70%. Dengan begini biasanya iklan-iklan yang muncul pada blog anda akan sangat relevant dengan pembaca dan bisa jadi mereka melakukan klik.

Nah, Diatas adalah pembahasan singkat mengnai gambaran ad balance itu seperti apa, maka selanjutnya sebelum menerapkannya simak dahulu keuntungan/kelebihan dan kekurangan fitur ad blance ini:

Kelebihan Fitur Ad Balance?

Sudah banyak para blogger ataupun publisher adsense yang sudah merasakan betapa bagusnya fitur yang satu ini, tentunya anda bertanya-tanya apa untungnya pakai ad balance:

1. Anda tidak perlu melakukan apapun melainkan hanya dengan menggerakkan pointer shower yang berada di bawah estimated ke angka yang cocok untuk traffic anda dan untuk tindakan selanjutnya akan dilakukan oleh adsense sendiri dengan memfilter iklan yang muncul sesuai dengan settingan yang sudah anda tetapkan.

2. Meningkatkan kualitas iklan yang muncul, sebab banyak sekali terjadi pada publisher adsense yang baru diterima hanya mendapatkan iklan dari pengiklan yang kurang jelas, tapi dengan adanya ad balance ini pada setiap artikel yang punya traffic tinggi hanya akan dimunculkan iklan yang memiliki profit yang tinggi dan tentunya akan berdampak pula pada pendapatan anda.

3. BPK (Bayar per Klik) akan naik, bagaimana tidak? secara, di artikel anda hanya akan muncul iklan dengan nilai tinggi dan mempunyai tingkat kesesuaian yang bagus dengan artikel tentu akan menarik bagi para pembaca untuk melakukan klik bukan. Anda tidak perlu lagi pusing mengenai nilai BPK yang tidak naik-naik.

4. Tidak perlu lagi melakukan blokir iklan secara manual karena sudah ada ad fill rate yang menggantikannya. Jujur, dulu waktu saya masih awal-awal sekali bermain di adsense yang saya lakukan ada memblokir kategori iklan yang menurut saya tidak relevant dengan tema dan niche blog, tapi apa yang terjadi? bukannya pendapatan meningkat malah BPK yang jalan di tempat. 

5. Bisa langsung fokus ke artikel. Di dalam dunia blogger artikel berkualitas adalah yang terpenting jadi apa jadinya jika waktu yang ada disia-siakan dengan melakukan hal yang tidak perlu dalam meningkatkan nilai BPK. Tapi lain halnya jiak anda sudah melakukan perbuahan pada ad balance (menurut hemat saya).

Bagaiman sekarang? apakah anda sudah tertarik untuk melakukan hal yang sama dengan para blogger lain? kalau iya, berikut ini adalah cara mengaktifkan Fitur Ad balance ini:

Mengaktifkan Ad Balance

Agar anda bisa menggunakan fitur ad balance ini sangat lah mudah anda hanya harus ikuti instruksi-instruksi berikut ini:

1. Login ke akun Google Adsense anda
2. Setelah itu klik My Ads
3. Kemudian pilih group Content dan pilih Ad Balance

Atau secara singkat Dashboard : My Ads > Content > Ad Balance
Fitur Ad Balance Yang Bisa Meningkatkan Harga Iklan
Adsense
Jika anda belum pernah melakukan settingan ini sebelumnya, biasanya Ads Fill Rate akan berada pada posisi 100% yang berarti mau itu iklan murah iklan mahal maupun iklan dengan performa buruk yang jarang dapat klik pun akan tampil pada blog anda.

Untuk melakukan settingan anda cukup hanya dengan menggeser pointer yang ada pada Ad Fill Rate menjadi sesuai keinginan. 

Tapi bagi anda yang tidak tahu maka anda bisa menerapkan saran dan bahan eksperimen berikut ini:

Optimasi Ad Balance Anda !

Semua orang yang baru pertama kali mengenal ad balnce mungkin bertanya-tanya berapa sebenarnya settingan yang sesuai, ada yang bilang 70% dan ada juga yang bilang 41%. Namun untuk kali ini saya menyarankan memakai opsi 41% seperti yang berikut ini:

Perlu anda ketahui bahwa setiap akun adsense memiliki karakteristik yang berbeda-beda untuk setiap, disesuaikan dengan niche/tema/topik maupun konten blog. Jumlah unit iklan yang terpasang serta latar demografi dari audience dan tata letak iklan  juga sangat berpengaruh terhadap penyesuaian fitur ad balance.

baca : Cara Meningkatkan Ctr Iklan Adsense

Tapi tenang google bukanlah perusahaan yang kurang pendapatan terbukti denga beredarnya saran tentang seberapa besar ad fill rate bisa disetting untuk mendapatkan hasil yang optimal menurut analisa dan kajia mereka.

Tingkatkan Harga Iklan Dengan Fitur Ad Balance
img by: isaumya.com

Seperti yang sudah disarankan oleh google ada bisa melakuakn settingan pada ad fill rate hingga 41%, disini yang harus anda perhatikan hanyalah menetapkan estimated earning harua pada point 100% .

Dari angka maksimal ke angka minimal anda bisa menggeser ke kiri maupun kanan:

1. Geser ke kiri : Ad fill rate akan semakin kecil, artinya jumlah unit iklan yang ditampikan akan semakin sedikit, namun berupa iklan pilihan yang memiliki performa terbaik dan memiliki Impression RPM dan CPC tinggi.

2. Geser ke kanan : Ad fill rate akan semakin besar, artinya jumlah unit iklan yang ditampilkan akn semakin banyak, namun berupa iklan ‘biasa’ dan memiliki performa kurang baik serta Impression RPM dan CPC yang lebih rendah.
Tips : Geser tab ad fill rate sekecil mungkin (ke kiri), sampai batas Estimasi Earning masih 100%.
Dengan melakukan hal ini seharusya bisa sedikit demi sedikit mendongkrak nilai BPK anda. Selanjutnya anda hanya harus melakukan eksperiamen apakah settingan tersebut sudah sesuai, apabila belum maka anda bisa melakukan perbuahan dan perubahan hingga anda menemukan porsi yang sesuai dengan Blog kesayangan anda.

Sekian dari saya, And Peace!!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan

Anime Terbaik Untuk Pemula

Ayo Mulai Investasi Dari Sekarang