Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan

Blog adalah singkatan dari web log. Yang namanya web itu berhubungan dengan internet. Pada zaman sekarang yang internetnya semakin lama semakin berkembang ini kita harus pandai-pandai mengambil kesempatan. Seperti ada yang berjualan di madsos dan ada pula yang berharap dari adsense blog.

Mengapa Harus Blog untuk menghasilkan uang dari internet? Pertama, blog itu murah cukup dengan kutota ataupun wifi gratis anda sudah bisa membuat blog. Kedua, tidak perlu keahlian khusus seperti tehknik pemasaran dan periklanan. Setiap orang bisa membuat blog namun tidak semua blog bisa menghasilkan.

Tertarik untuk buat blog? kalau tertarik kalian harus pikirkan hal ini terlebih dahulu:
  • Blog itu membosankan sebelum diterima adsense
  • niatkan dalam hati tidak boleh berhenti ditengah jalan
Jika kalian sudah siap dengan kenyataan diatas maka mari kita mulai untuk membuat blog:

Tapi sebelum itu anda harus memiliki beberapa alat yang bisa menunjang kegiatan blogging anda nantinya.

Cara Benar Membuat Sebuah Blog


1. Tentukan Niche
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Niche
Saya sarankan untuk membuat blog yang memiliki tema how to. karena dimasa yang akan datang google akan menjadi tempat pemecahan masalah nomor satu dalam kehidupan manusia. Namun selain itu masih banyak niche blog yang lain. 

Memilih niche usahakan memilih yang sesuai dengan hobi agar tidak terlalu membosankan dan yang pastinya akan memberikan dorongan semangat tersendiri nantinya. Blog yang memiliki satu niche saja akan dianggap lebih professional, dan jika anda tidak puas dengan satu niche dan ingin menambah niche lain silahkan buat dengan domain yang berbeda.

Niche blog terlaris:
1. News Update
2. Tutorial Blogging
3. Internet Marketing
4. Gado-Gado
5. Teknologi
6. Kesehatan

Kalau blog gado-gado boleh gak? tentu saja boleh dan sangat disarankan unutk yang mau mulai (startup) karena blog yang punya banyak topik tidak terikat dengan tema jadi apa saja yang kalian ketahui bisa di share di blog kalian.

Terus terang saja saya tidak pernah mendengar google menyarankan kepada blogger untuk membuat blog dengan satu niche tapi google hanya menyarankan untuk mendapatakan uang dari hobi anda.

Nah, jika sudah menemukan niche yang sesuai dengan passion anda. Silahkan lanjut ke nomor dua.

2. Tentukan Platform Blog
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Platform
Banyak sekali tempat self hosting alias free hosting blog yang bisa kalian gunakan unutk membuat blog. Namun pilihlah diantara wordpress dan blogger saja. Dua-daunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan wordpress adalah dari segi kustomisasai tema namun hanya kan efektif jika kalian memilih paket berbayar, kalau ingin yang 100% no-budget maka blogger adalah juaranya. Mulai dari template hingga faktor penunjang lainnya disediakan secara gratis.

Blogger bagus untuk yang ingin coba-coba tapi serius sedangkan wordpress bagus untuk yang ingin like a pro. blogger memiliki tampilan yang simple, ringan dan mudah di mengerti sedangkan wordpress memiliki tampilan yang elegant dan Expert.

Nah, dari perbandingan yang saya jabarkan sudah tahu kan platform mana yang akan anda gunakan.

3. Pilih Domain
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Domain
Domain adalah alamat yang menjadi rumah untuk artikel dan blog anda. Contoh bungmp3.blogspot.com. bungmp3 adalah alamat domain anda. blogspot adalah paltform anda. apakah berbeda dengan yang kalian harapkan? ya tentu saja, yang namanya gratis ya harus nurut sama yang punya desa. Blogspot adalah desa dan anda adalah warganya tentu harus ikut aturan desa itu.

Namun jika anda ingin punya domain yang keren, seperti kompas.com, detik.com, microsoft.com, anda harus punya uang untu biaya perawatan.

ushakan domain blog anda sesuai dengan niche namun ini hanya bersifat opsional saja. banyak juga domain blog yang tidak sesuai dengan niche nya. Seperti totumuh.blogspot.com ini.

Tips Memilih Domain Untuk blog

1. Jangan Gunakan domain gratis seperti domain .va.ga.lk.ml yang biasanya disediakan oleh Freenom, mengapa? karena biasanya tidak bisa gratis selamanya paling lama bisa satu tahun, tapi apa setelahnya anda harus bayar juga. Dari pada bayar kemudian lebih baik bayar di depan dengan domain yang top seperti .com ataupun .id sekalian agar nampak proffessional.

2. Jangan gunakan nama domain blog terkenal untuk menjadi terkenal, seperti akuyoutube.com, memang nampak keren, seo dan mudah dikenali bukan. Tapi anda jangan senang dulu karena domain web-web terkenal biasanya mempunyai hak cipta.

3. Buatlah nama blog yang tidak digunakan oleh orang lain. Hal ini berguna agar ketika judul blog anda di cari yang muncul nomor satu adalah blog anda. Contohnya seperti Totumuh ini. Coba saja anda ketik kata tersebut di google dan lihat hasilnya.

Sudah tahu nama domain apa yang anda inginkan? kalau sudah lanjut ke nomr 4.

4. Plih Template
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Template
Template adalah sampul yang membungkus sebuah artikel yang anda tulis yang berfungsi untuk menunjang pengalaman pengguna dan tempat iklan yang suatu saat akan kalian punya. Carilah template yang responsive, fast loading, dan Sederhana.

Saat kalian memilih template pastikan itu cocok dengan blog dan cocok dengan diri anda sendiri agar dikemudian hari anda tidak akan mengganti template lagi. Apa salahnya gonta-ganti template? hal ini kerap terjadi pada blogger yang berumur 30 artikel. 

Biasanya kalau sudah punya banyak artikel akan muncul rasa ingin tampil lebih menarik lagi dengan mengganti template yang pada akhirnya hanya akan membuat hancur blog anda. Saya ingatkan lagi, jika anda sering ganti template bisa menurunkan peringkat anda di mata google.

Pelajari juga Setiap Script Template

Anda tidak boleh sepenuhnya percaya pada SEO yang berasal dari template gratis karena tak dapat dipungkiri kalau gratis itu biasanya hanya akan mendapatkan yang standar. Jadi pelajari script html di template anda, cari tahu mana yang bisa meningkatkan seo dan mana yang bisa menurunkan seo.

Membuat template menjadi SEO adalah agar artikel anda bisa masuk ke 10 besar google search yang akan membuat traffic anda menjadi naik dan konsisten. Sebenarnya ada banyak script yang bisa anda pelajari untuk membuat blog anda menjadi unik dan menarik serta sesuai dengan selera anda.

Terlebih lagi anda menggunkana blogspot yang notabene scriptnya sangat simple dan mudah dipelajari.

Setelah yakin dengan template anda, lanjut ke langkah 4.

5. Buat Laman Static terlebih dahulu
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Halaman Statis
Halaman Static adalah halaman blog yang menjadi bagian blog tapi terpisah dari isi utama blog. Usahakan jangan membuat artikel dulu tapi buatlah laman static penunjang sebuah blog seperti laman about, privacy dan contact.  Ini berguna agar anda bisa fokus untuk menulis artikel saja kedepannya dan tidak disibukkan oleh hal lain.

Dan biasanya kesibukan untuk membuat halaman static ini terjadi saat anda akan mendaftar ke adsense.

About berisi penjelasan mengenai blog anda itu seperti apa, coba bayangkan dan tuangkan lewat kata-kata lalu tuliskan di laman static about anda. Laman contact digunakan untuk para pembaca ataupun pengiklan agar bisa menghubungi anda Dan jangan lupa untuk membut juga halaman sitemap, blog page, daftar isi blog atau apapun itu namanya, ini dugunakan agar semua postingan anda bisa dilihat dengan mudah.

6. Mulai Tulis Artikel
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Menulis
Nah, stelah semua faktor-faktor tak berguna diatas kalian selesaikan. Ini adalah bagian uatamanya, yang menetukan apakah blog anda akan menjadi nomor satu di google. Kalau ingin membuat artikel maka incarlah posisi nomor satu dari pencarian google. Karena Oarang hanya kan klik blog yang berada di nomor satu dan dua.

Apa sih gunanya jadi nomor satu di google search? untuk menjawabnya saya tanyakan lagi ke anda, apakah anda ingin membuat blog yang menghasilkan? jika ya. Maka kalian kan membutuhkan yang namanya traffic.

Traffic dalam bahasa indonesai adalah lalu lintas. Jadi traffic blog adalah banyaknya lalu lintas yang mampir di blog anda. Ingat untuk mendapatkan hasil dari blog anda butuh iklan sedangkan iklan butuh tempat sebanyak mungkin orang bisa melihat iklan mereka.

Jadi semakin banyak traffic yang anda dapatkan nantinya akan semakin banyak penghasilan yang anda dapatakan.

baca : Cara mengatasi kebuntuan saat menulis artikel blog

ingat traffic blog indonesa yang menghasilkan biasanya punya pengunjung 500/day. Nah, yang menjadi masalah adalah bagaiamana cara mendapatkan banyak tarffic? tentu saja dari google dan yang akan mendapatakn tarffic adalah blog yang di peringkat satu.

Permasalahan sebenarnya mulai dari sini: Untuk menjadi nomor satu di google kalian membutuhkan yang namanya artikel berkualitas dan SEO, yang tak tergoyahkan oleh waktu dan blog lain di peringkat google. Akan percuma nantinya, 1000 artikel sekalipun namun tidak ada yang di peringkat satu. tidak akan ada traffic unik yang mengalir.

Jadi, bagaimana membuat blog menjadi nomor satu di google? kalian harus mempelajarinya atau bisa dibilang studi kasus. Tapi kalian harus ingat tidak akan semua artikel bisa menjadi nomor satu. tapi paling tidak pastikan 30% artikel anda ada di halaman satu google.

Namun jika semua hal telah anda coba termasuk membuat artikel berisi 1500 kata tidak juga masuk halam satu google.


Jangan Membuat Blog Copy Paste

Membuat artikel yang bagus memang membutuhkan kesabaran yang tinggi dan biasanya banyak orang yang kehilangan kesabaran tersebut dan langsung membuat artikel copas. Artikle copas ini memang sangat menjanjikan karena anda tidak perlu menulis tidak perlu mencari ide kesana-sini.

Tapi ingat jika anda keseringan copy paste maka anda akan kehilangan kreatifitas dan kehilangan banyak keuntungan dari menulis artikel sendiri. Artikel copas suatu saat akan menghancurkan blog anda dengan perlahan. Cara yang google lakukan untuk memperingati blog copas sangat halus.

1. Awalnya peringkat serp anda akan naik karena sering update dan bahkan bisa update artikel panjang 5 kali sehari
2. Semakin lama blog anda di render atau dikunjungi, maka google akan mulai menyadari ada blog copas seperti ini.
3. Terakhir secara perlahan blog anda akan berangsur-angsur hilang dari index google atau bisa dibilang Websapam.

7. Submit Blog Ke Google Webmaster, Dan Bing Webmaster
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Index
Setelah anda menulis artikel yang berkualitas dan seo banget. Maka selanjutnya anda akan memasuki proses indexing. ini harus dilakukan agar artikel berkualitas anda bisa diketahui oleh google. Percuma kalian punya bakat menyanyi dan suara yang indah tapi tidak pernah dimunuculkan ke publik.

Pertama Submit Blognya terlebih dahulu, Google Webmaster untuk submit ke google search  dan Bing Webmaster untuk submit di bing dan yahoo search . Nanti akan ada pesan dari google ke gmail anda bahwa mereka telah menigkatkan keberadaan blog anda di google. Seamakin banyak search engine yang mengindex blog anda tentu akan meningkatkan tingkat kepercayaan search engine kepada blog anda.

baca : Cara mengikatkan peringkat serp artikel di google

Namun ini baru tahap awal, yang tadinya blog anda tidak ada sekarang sudah ada walaupun hanya dipandang sebelah mata. Setelah ini selesai anda akan masuk ke tahap selanjutnya (no.8) yaitu tahap  blog yang keberadaannya tidak diketahui berubah menjadi pencuri perhatian.

8. Pertahankan Konsistensi
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Konsisten
Ini adalah tahap yang paling panjang sebelum akhirnya mencapai adsense. Seperti yang sudah saya katakan diatas yaitu tahap keberadaan menjadi pencuri perhatian. Nah, untuk melakukan ini kalian harus melakukan beberapa tahap berikut berulang-ulang hingga mendapatkan traffic 250/hari.
  • Tulis artikel berkualitas
  • index artikel ke google dengan cepat lewat Fetch As Google
  • Promosikan
  • Ulangi langkah 1-3 hingga target tercapai
Hal ini akan membosankan hingga kalian mempunyai 50 artikel, jadi bertahanlah hingga 50 artikel anda tercapai dan setelah itu tercapai efeknya adalah kegiatan blogging anda akan terasa menyenangkan. Kuatkan Semngat jangan pantang menyerah, ini adalah cobaan untuk blog anda. Jika anda berhasil konsisten dari awal maka saya jamin 100% blog anda akan menghasilkan.

Namun ada kalanya kalian akan mengalami kebuntuan ide untuk menulis artikel. Jadi harus sabar dan cari ide secara perlahan, banyak kok sumber ilmu di google ini.

9. Mulai Hasilkan Profit
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Cpm
Setelah anda menulis artikel dengan konsisten dan terus-menerus tanpa putus maka sekarang saatnya anda mulai melakukan usaha yang dapat memberikan hasil yang anda inginkan. 

Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan profit dari blog, Tapi untuk mengoptimalkan dan memudahkan anda mendapatakan hasil yang memuaskan anda membutuhkan yang namanya Traffic yang cukup.

Jika blog anda sudah mempunyai visitor yang sudah mumpuni, anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk memonestasi blog anda:

A. Daftar google Adsense

Memang terdapat banyak penyedia layan iklan lain yang tidak memandang tarffic dan instant approval, tapi sampai sekarang adsense masihlah yang terbaik. Namun sebelum anda daftar adsense anda bisa baca referensi hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk daftar adsense.

Jika sudah sampai pada tahap ini dan diterima adsense, sekarang anda hanya harus menerbitkan artikel secara berkala namun tidak harus berpatokan pada kulitas dan 1500 kata lagi. Dan selamat blog anda sudah bisa menghasilkan. Sekarang tinggal tunggu hasil masuk ke kresek anda.

baca : Pengalaman Pertama kali dapat adsense full approve

Terlihat mudah memang, tapi sebenarnya sangat sulit. Mengapa? ini dikarenakan ketatnya klasifikasi yang diterpkan oleh pihak google untuk menjadi seorang mitra persuhaan internet terbesar tersebut. Banyak yang telah mendaftar dan banyak pula diterima dan tentu saja banyak yang tidak diterima.

B. Ikut Program Affiliasi

Program ini adalah program yang memberikan anda profit dari setiap transaksi ataupun tindakan yang telah ditetapkan oleh penyedia affiliasi yang tercapai. Yang harus anda ingat progaram affiliasi ini membutuhkan keahlian menulis yang bagus dan agar anda bisa meyakinkan para pembaca untuk klik link affiliasi yang telah anda sediakan.

So, bagi anda yang ingin mengikuti affiliasi yang menguntungkan dan mudah di akses anda bisa mengikuti affiliasi lazada.

C. Menjual Produk Anda Sendiri ataupun Orang Lain

Dari pada anda membayar mahal untuk iklan sana-sini untuk promosi produk anda lebih baik anda menggunakan blog anda untuk itu.

Dengan begitu anda bisa melakukan dua hal sekaligus.Cara ini juga bisa anda kombinasikan dengan Program Affiliasi.

D. Daftar CPC dan CPM dari Penyedia Iklan Alternatif

Sekarang sudah banyak sekali alternatif yang bisa anda ikuti tanpa harus melalaui review-review seperti yang harus anda lalui saat daftar adsense. Seperti Popcash penyedia iklan popundar. Iklan Popundar adalah iklan yang akan muncul setiap ada klik yang terjadi di blog anda dan setiap iklan yang muncul anda akan dibayar.

E. Pakai Link Shortner

Link Shortner adalah pemendek link (semu orang tahu itu). Maksudnya adalah anda mengganti setiap link yang ada di blog anda lalu anda memendekkannya menggunakan link shortner terebut lalu ada yang melakukan klik link tersebut dan anda pun akan dibayar. Contoh link shortner seperti SafelinkU.

Namun harus anda ketahui bahwa tidak semua blog bisa sukses dengan hal ini tapi hanya beberpa tipe blog tertentu yang bisa melakukan ini. Tipe-tipe blog tersebut adalah blog yang menyediakan banyak link seperti link download anime dan link download software.

F. Menjual blog

Banyak Sekali para pemalas yang menginginkan blog anda. Karena sesuatu yang instan itu selalu habis terjual. Anda bisa meletakkan harga berdasarkan tingkat seberpa banyak traffik yang anda miliki. Semakin banyak Traffic maka akan Semakin mahal harga blog anda.

10. Buat Blog Lagi
Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan
Terus Nge-Blog
Hei, jangan kira selesai sampai tahap 9 sudah selesai, untuk menambah pundi-pundi hasil dari blog anda tidak akan cukup hanya dengan satu blog. Karena rata-rata penghasilan adsense indonesai sangatlah rendah namun akan lain halnya jika blog kalian blog berbahasa inggris dengan penargetan internasional.

Anda harus ulangi lagi langkah satu sampai sembilan tapi dengan niche blog yang berbeda. Kelola waktunya. Contoh Blog A update setiap hari Juma'at Maka buatlah Blog B update setiap hari minggu.

Kseimpulan: Dengan berkembangnya teknologi informasi semua orang bisa medapatkan profit dari sana, sekarang tergantung anda menggunakannya, apakah selamanya jadi pengunjung atau melangkah maju menjadi creator. Realize you vision and passion.

Oke, Demikian saja Postingan singkat ini mengenai Cara Tepat Untuk Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan. kalau ada kritik, saran dan pendapat silahkan isi di kolom komentar. 

sekian And Peace!!

Comments

Popular posts from this blog

Anime Terbaik Untuk Pemula

Download Template Mirip Blog Mas Sugeng